Lebih Dekat dengan 4 Lisensi Pilot

Salah satu hal yang diinginkan oleh seseorang yang bercita-cita menjadi pilot adalah masuk sekolah pilot. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan selain untuk mendapatkan ilmu penerbangan yaitu untuk mendapatkan lisensi pilot (surat izin terbang). Tanpa adanya surat izin satu ini maka keinginan menjadi seorang pilot tidak akan bisa. Ngomong-ngomong tentang lisensi pilot, tidak hanya terdiri dari satu lisensi saja tapi ada 4 lisensi seperti PPL, CPL, IR, dan MER. Dari keempat lisensi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dan kedudukan yang berbeda juga. Semakin lengkap lisensi yang dimiliki, semakin terbuka lebar keinginan Anda untuk jadi pilot. Tentunya, ada sebagian dari Anda yang belum mengetahui lebih dekat lagi dengan keempat lisensi pilot yang disebutkan tadi. Untuk lebih jelasnya, simak uraian dibawah ini.

PPL

Lisensi pilot yang pertama adalah lisensi PPL (Private Pilot License). Lisensi satu ini merupakan surat izin terbang awal yang dimiliki oleh Anda yang baru lulus dari sekolah pilot atau siswa pilot. Berbekal lisensi ini, Anda sudah bisa menerbangkan pesawat dengan mesin tunggal seperti pesawat jet untuk keperluan pribadi. Lisensi satu ini hanya bisa menerbangkan pesawat bermesin tunggal pada siang hari tidak untuk malam hari. Untuk mendapatkan lisensi PPL ini, jam terbang yang harus dimiliki yaitu 40-60 jam terbang. Selain itu, memiliki lisensi satu ini Anda belum bisa untuk mendapatkan bayaran dari penumpang yang ada.

CPL

Lisensi kedua yang harus dikenal lebih dekat yaitu CPL. Lisensi ini merupakan lisensi lanjutan dari PPL. Lisensi CPL (Commercial Pilot License) adalah lisensi yang membuat Anda sudah bisa menerbangkan peswat komersial dengan berpenumpan baik berbayar atau tidak. Untuk lisensi satu ini, Anda sudah bisa bekerja di maskapai penerbangan menjadi pilot. Namun, harus Anda ketahui dengan mendapatkan lisensi satu ini, Anda belum bisa membawa pesawat terbang dengan jarak jauh karena masih dibatasi. Jam terbang yang dibutuhkan untuk mendapatkan surai izin terbang ini yaitu 200 jam terbang.

IR

IR merupakan lisensi lanjutnya dari CPL. Lisensi yang satu ini tidak kalah pentingnya untuk dikenali lebih dekat lagi oleh Anda. Yang mana IR (Intrumen Rating) adalah lisensi yang dimiliki bagi pilot profesional yang dapat menerbangkan pesawat baik di siang atau juga malam hari dalam kondisi cuaca agak buruk seperti mendung dan berkabut. Dengan begitu, pilot yang sudah memiliki lisensi IR ini tidak hanya bisa menerbangkan pesawat saat siang hari saja tapi malam juga. Jam terbang yang harus ditambah oleh Anda setelah mendapatkan lisensi CPL untuk mendapatkan lisensi IR adalah 20 jam.

MER

Lisensi terakhir yang harus dikenal lebih dekat lagi yaitu MER (Multi-Engine Rating). Lisensi ini termasuk lisensi untuk melengkapi semua lisensi yang sudah didapatkan seperti lisensi PPL, CPL, dan IR. Pilot yang sudah memiliki lisensi ini bisa menerbangkan pesawat dengan mesin ganda. Yang harus Anda ketahui dari lisensi MER ini adalah pemagang lisensi ini memiliki resiko yang lebih besar karena kinerja mesin-mesin harus seimbang. Adanya lisensi satu ini, Anda tidak hanya bisa bekerja dipenerbangan tapi bisa menjadi seorang instrukur.

Yang lebih pentingnya lagi, adanya lisensi MERĀ  bisa menunjang Anda untuk lebih mudah diterima di maskapai penerbangan. Karena, orang yang telah memiliki lisensi ini dinilai lebih siap untuk bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *